Kerajinan Kabupaten Magetan, Kamu Suka Beli Yang Mana?



Magetan yang terkenal dengan komoditi sepatu kulitnya yang berlokasi di Jl.Sawo yang masuk kawasan Selosari dimana hampir semua warga di daerah ini adalah pengrajin kulit baik membuat Sepatu, Sendal, Jaket dll. 


Sentra industri dikawasan ini juga menjadi kebanggaan Magetan karena berperan penting dalam mengurangi angka pengangguran. Dengan adanya sentra industri ini tentunya di setiap home industry yang meskipun terkesan sederhana cukup banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Bayangkan saja hamper 100% warga di Jalan Sawo Kelurahan Selosari rata rata memiliki usaha pembuatan kerajinan kulit. Belum lagi toko toko yang ada di sekitar wilayah tersebut tentu membutuhkan karyawan sebagai pramuniaga dan pengrajin.


Bagi kamu yang kebetulan lagi liburan di Magetan bisa mampir ke daerah Selosari untuk membeli produk asli dari warga Magetan. Selain pengrajin kulit magetan juga memiliki beberapa hasil kerajinan yang lain yaitu :

  • Industri Gamelan 

Industri gamelan memang kian luntur karena perkembangan zaman, namun untuk industri gamelan di kawasan Kauman .Karangrejo masih bisa kamu jumpai banyak pernak-pernik alat gamelan disini kamu bisa melihat bagaimana proses pembuatanya juga.
  • Kerajinan Anyaman Bambu

Kawasan pengarjin anyaman bambu di Magetan berada di daerah Ringin Agung bagi kamu yang ingin memiliki pernak-pernik anyaman misalnya topi, tutup makanan, tempat nasi, tempat oleh-oleh dll bisa datang ke Ringin Agung.
  • Kerajinan Genteng

Untuk pengrahin genteng sendiri yang paling populer di Magetan berada di daerah Galun , Maospatii kamu bisa menjupai berbagai design genteng disini.
  • Kerjinan Batubata

Kalo kerjainan batu batu hampir semua wilayah di Magetan sepertinya kalo musim kemarau memanfaatkan membuat batu batu karena prosesnya sendiri tidak begitu sulit hampir semua kalangan bisa mengerjakan.

  • Kerajinan Batik Sidomukti

Selain kerjainan diatas Magetan juga memiliki industri rumahan yaitu Batik Sidomukti yang berada di Dusun Papringan, Sidomukti, Magetan. Mau mencari batik di Magetan? datang saja ke Papringan


Itulah beberapa kerajinan yang ada di Magetan yang dapat kamu kunjungi jika ingin mengetahui proses pembuatannya dan sampai sekarang masih berjalan karena menjadi salah satu industri rumahan yang terus dikembangkan dan mendapatkan perhatian dari Pemda Magetan.



0 komentar

Posting Komentar