IBM Tingkatkan Tanggung Jawab Masyarakat

Untuk meningkatkan sinergitas para pelaksana program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), Bappedalitbang Kabupaten Magetan menyelenggarakan rapat koordinasi, Senin (22/11/2022) di Magetan Park. Hadir pada acara tersebut segenap pimpinan OPD terkait, kades dan pendamping.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR meluncurkan Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM). Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan komitmen, rasa memiliki, dan tanggungjawab dalam memelihara hasil pembangunan dan keberlanjutannya. Program ini dilatar belakangi adanya strategi penyelenggaraan pembangunan infrastruktur bidang PUPR untuk pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang perlu melibatkan peran pemerintah daerah dan masyarakat melalui program-program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).

Kepala Bappedalitbang sekaligus Sekretaris Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) kabupaten Magetan, Elmy Kurnianto menyampaikan program tersebut menggunakan skema padat karya yang melibatkan masyarakat dalam segala aspek. Tidak hanya pada proses pembangunan, pengawasan, tetapi yang lebih penting untuk menjaga hasil pembangunan. Sehingga menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab moral untuk menjaga. Program IBM yang diimplementasikan di Magetan terdiri diri program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PANSIMAS) dan IPAL Komunal.

Bupati Suprawoto mengucapkan terimakasih kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur atas bantuan yang diberikan. Bupati berharap adanya pendampingan agar program tersebut bisa memberikan manfaat secara optimal kepada masyarakat. " Mari kita berbuat baik untuk Magetan, sesuai dengan peran dan keahlian kita masing-masing," pesan Bupati Suprawoto.

No comments for "IBM Tingkatkan Tanggung Jawab Masyarakat"