Bupati Magetan Sebar Ribuan Benih Ikan Dewa Di Telaga Sarangan


Kabupaten Magetan bak tanah surga yang dianugerahi alam yang cantik dan tanah yang subur. Selain sektor pariwisata sebagai pengungkit, juga ideal untuk pengembangan sektor peternakan dan perikanan. Dua sektor tersebut terus dikembangkan di daerah potensial seperti Singolangu dengan peternakan sapi perahnya.

Pengembangan dua sektor itulah yang menginisiasi Dinas Peternakan dan Perikanan untuk menggelar acara Gebyar Peternakan dan Perikanan 2019, Sabtu (20/7/2019). Rangkaian acara diawali dengan senam pagi yang diikuti oleh segenap anggota FORKOPIMDA, petani, peternak dan pelajar SD di lapangan Singolangu. Dilanjutkan dengan penanaman tanaman untuk pakan ternak. Setelah itu seluruh peserta mengikuti jalan santai menuju finish di telaga Sarangan.

Dalam perjalanan menuju finish, Bupati Suprawoto dan seganp anggota FORKOPIMDA singgah di terminal Sarangan untuk melihat pelayanan kesehatan kuda.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Drh. Kustini menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan juga untuk memacu pelaku usaha peternakan dan perikanan di Magetan serta meningkatkan daya saing para pelaku usaha tersebut. Secara tidak langsung juga meningkatkan daya tarik wisata di Sarangan.

Prof. Dr. Ir. Sjarif Widjaja, P.hd, kepala Badan Riset SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat salut dengan antusiasme warga Magetan untuk mengembangkan daerahnya. Hal tesebut juga memacu pihaknya untuk lebih konsen bekerjasama dengan Pemkab Magetan. Pihaknya memberikan bantuan 10.000 benih ikan Dewa untuk dilepas di telaga Sarangan. Pihaknya juga siap mendukung kebijakan Pemkab Magetan.

Sementara itu Bupati Magetan menyampaikan penebaran ikan dewa tersebut merupakan momentum untuk menjadikan telaga Sarangan sebagai habitat baru ikan Dewa. Selain untuk menambah daya tarik wisata juga untuk fungsi konservasi, sehingga turut melestarikan spesies ikan Dewa.

Bupati Suprawoto juga berpesan setelah ikan Dewa ditebar, kepada masyarakat Sarangan khususnya untuk ikut menjaga ikan dan habitatnya. Jika ikan Dewa dapat berkembangbiak dengan baik tentu akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

0 komentar

Posting Komentar