Warung Mbok Yem di Puncak Lawu, Sebagai Warung Tertinggi di Indonesia


Via @jacksodron

Gunung Lawu merupakan gunung yang memiliki mistis yang kuat namun dibalik itu semua banyak hal yang menarik untuk disimak salah satunya adalah keberadaan warung mbok yem yang sangat tidak wajar berada di kawasan Argo Dalem yaitu salah satu puncak gunung lawu.

Warung mbok yem telah lama ada sekitar tahun 1980 beliau sudah mulau jualan di puncak gunung lawu dengan dibantu oleh suaminya namun sekarang sang suami sudah tiada digantikan anaknya untuk keperluan mengambil bahan-bahan pembuatan makanan dan gorengan di warung.

Mbok yem yang punya nama asli Wakiyem sebenarnya tinggalnya di daerah poncol namun karena beliau sering mencari akar-akaran untuk bahan dasar jamu di tahun 1980 an dan melihat para pendaki lalu lalang di jalur pendakian ataupun di puncak gunung lawu, akhirnya tersirat di benak mbok yem untuk membuka warung di gunung lawu , dan sampai kini warung mbok yem eksis.

Mbok yem hanya tertentu jika turun gunung misalnya di moment Idhul Fitri, Idul Adha atau ada hajat saudaranya baru mbok yem turun, namun sekarang usia sudah lanjut mbok yem lebih jarang turun gunung diwakilkan anaknya yang sering turun.

0 komentar

Posting Komentar