Pertitaan Dewi Sri Atau Familiar Candi Simbatan


Infomagetan.com, Nguntoronadi - Pertitaan Dewi Sri yang lebih familiar di masyarakat yaitu dikenal dengan Candi Simbatan dimana candi ini mengalami pemugaran dari tahun 2007 - 2010 dan ditetapka sebagai cagar budaya oleh Dinas Pariwisata Magetan .

Di kawasan wisata candi simbatan ditemukan beragam arca atau artefac peninggalan masa kerajaan lampau, sebenarnya candi simbatan ini sudah lama ditemukan sejak tahun 1813 namun di tahun 1933 candi simbatan mengeluarkan sumber air mulai dari ini masyarakat sekitar mejaga dengan baik candi simbatan.

Di tahun 1990 an candi simbatan mulai di perhatikan oleh dinas terkait dan sampai di tahun 2007 pemugaran terjadi pada candi simbatan tanpa mengurangi keaslian candi . Luas candi simbatan kurang lebih 18 m2 dimana temuan yang ada di sekitar lokasi antara lain miniatur rumah (sandung) 7 buah, fragmen arca 7 buah, palung batu 1 buah, fragmen yoni 1 buah, sumur kuno 1 buah, fragmen kemuncak 1 buah dan lumbung baru 4 buah. 

Mitos yang beredar di masyarakat akan keberadaan candi simbatan ini adalah adanya pertigaan dewi sri yang mana warga menganggap dewi sri adalah tokoh perempuan zaman Hidu -Jawa yang memberikan sumber kehidupan sehingga situs ini selalu dijaga oleh masyarakat.

Bagi kamu yang tertarik berwisata sejarak ke Candi Simbatan /Petitaan Dewi Sri dari [usat kota cukup dekat hanya berjarak 14 Km saja dengan waktu tempuh 22 menit.

Akses menuju candi simbatan dari pusat kota Magetan:
 

Candi Simbatan adalah sa;ah satu Tempat Wisata di Magetan yang memiliki sejarah panjang serta misteri yang belum ditemukan sampai kini.

0 komentar

Posting Komentar