Jumlah Taman Nasional di Pulau Jawa

Taman Nasional di Pulau Jawa - Indonesia memiliki beribu macam pulau, Gunung Indonesia yang menjulang di tiap pulau yang membentang dari Sumatera sampai Papua tidak heran Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia . Dari sekian banyak kekayaan yang ada di Indonesia raya ini ada berapakah Taman Nasional di Indonesia? sampai tahun 2017 jumlah taman nasional di Indonesia mencapai 51 yang tersebar dari sabang sampai merauke, namun kali ini Infomagetan.com kan memberikan informaasi taman nasional yang ada di Jawa khususnya.

Berikut Taman Nasional yang ada di Jawa:

  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger SemeruImage:bromotour.co.id
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berlokasi di di 4 Kabupaten yaitu Malang,Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang yang mana luas area TNBTS mencapai 50.276,3 Ha diresmikan pada tahun 1983
  • Taman Nasional Gunung Ciremai
Taman Nasional Gunung CiremaiImage:klikkuningan.com
Taman Nasional Gunung Ciremai berlokasi di Kuningan dan merupakan Gunung tertinggi di Jawa Barat yang mana TNGC diresmikan pada tahun 2004 dengan luas 15.859,17 ha
  • Taman Nasional Gede Pangrango
Taman Nasional Gede PangrangoImage: foresteract.com
Taman Nasional Gede Pangrango berlokasi di Bogor, Cianjur dan Sukabumi bagi kamu yang tertarik ingin mendaki gunung gede pangrango bisa lewat Cibodas jalur pendakian yang paling banyak di gunakan. TNGP diresmikan pada tahun 1980 dengan luas 151,96 km².
  • Taman Nasional Gunung Halimun Salak
taman nasional gunung halimun salak
Taman Nasional Gunung Halimun Salak berlokasi di Bogor dan Sukabumi dan merupakan Gunung angker di Indonesia karena banyak kejadian yang diluar nalar di area TNGHS. Taman Nasional Gunung Halimun Salak diresmikan pada tahun 1992 dengan luas 1.133,57 km².
  • Taman Nasional Gunung Merapi
Taman Nasional Gunung MerapiImage:dolandolen.com
Taman Nasional Gunung Merapi berlokasi di Jogja,Klaten,Boyolali dan Magelang yang mana luar area taman nasional ini 6.410 Ha diresmikan pada tahun 2004.
  • Taman Nasional Gunung Merbabu
taman nasional gunung merbabuimage:tanahnusantara.com
Taman Nasional Gunung Merbabu berlokasi di Semarang, Boyolali dan Magelang yang mana luas wilayah taman nasional gunung merbabu mencapai 5.725 Ha diresmikan pada tahun 2004.
  • Taman Nasional Karimun Jawa
Taman Nasional Karimun JawaImage:twisata.com
Taman Nasional Karimun Jawa berlokasi di Jepara diresmikan pada tahun 2001 dengan luas 110.117 Ha.
  • Taman Nasional Kepulauan Seribu
Taman Nasional Kepulauan SeribuImage:maritim.go.id
Taman Nasional Kepulauan Seribu berlokasi Kepulauan seribu dengan luas 107,489 km2 diresmikan pada tahun 1982.
  • Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru BetiriImage:harapanwisataku.com
Taman Nasional Meru Betiri berlokasi Jember dan Banyuwangi diresmikan pada tahun 1982. Kamu bisa mendaki Gunung Raung yang terdekat dari taman nasional ini.
  • Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung KulonImage:qtiket.com
Taman Nasional Ujung Kulon berlokasi Sukabumi dengan luas 122.956 Ha diresmikan pada tahun 1992 dan merupakan situs warisan dunia.
  • Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo Image: Banyuwangiadventure.com
Taman Nasiona Alas Purwo berlokasi di Banyuwangi Jawa Timur yang mana memiliki luas 434,20 km² diresmikan pada tahun 1992
  • Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran Image:brilio.net
Taman Nasional Baluran berlokasi di dua Kota yaitu Banyuwangi dan Situbondo diresmikan pada tahun 1980 dengan luas 250 km²

Demikian informasi tentang taman nasional yang ada di Jawa khususnya dimana berjumlah 12 Taman Nasional yang tersebara di Pulau Jawa dari Banten sampai Banyuwangi.

0 komentar

Posting Komentar