Misteri Gunung Bancak Parang Magetan


Misteri Gunung Bancak Magetan - Magetan yang terkenal dengan asal usul Telaga Sarangan dimana mitos terbentuna telaga sarangan itu berawal dari keluarga Kyai Jalilung dan Nyai Jalilung  yang hidup di daerah telaga sarangan dan pada suatu hari si Suami menunggu sang istri yang biasanya tiap hari mengantarkan makanan saat berlandang akan tetapi setelah lama ditunggu sang istri tidak kunjung tiba dan akhirnya sang suami mencari makanan dan menemukan telur kemudian di masak dan dimakanya si telor tersebut akan tetapi makan sedikit saja sang suami kenyang dan sang istripun datang untuk mengantarkan makanan dan sang istri  penasaran akan telor tersebut dan ikut memakannya, tiba-tiba mereka kepanasan memakan telor tersebut dan mencari sumber air untuk minum dan saat itu mereka bergeliat seperti Naga dan terbentuklah Telaga Pasir atau disebut sekarang Telaga Sarangan.

Selain misteri Telaga Sarangan ada juga Misteri Gunung Blego Magetan yang juga menjadi buah bibir untuk kalangan warga Sombo, Sayutan, Trosono dan sekitarnya. Kembali pada judul artikelnya ia sob dimana misteri Gunung Bancak juga tidak kalah seremnya dengan misteri alam lainnya yang ada di Magetan khususnya.

Misteri Gunung Bancak yang kental dengan kaitany Anoman dimana pada Zaman dahulu sikat cerita si Anoman marah dan tidak ada yang bisa meredam kemarahanya akhrinya si Anoman melapiaskan kemarahan dengan mancal(menendang) Puncak  Gunung Lawu yang melesat ke timur dan akhirnya terebentuklah Gunung Bancak ini.

Tidak sampai dengan cerita mistis perihal si Anoman marah akan tetapi Gunung Bancak juga menyimpan cerita mistis lainnya yang erat kaitanya dengan pesugihan, dimana Gunung Bancak ini mempunyai sebutan ''Gunung Emas'' oleh sebagian masyarakat di timur Gunung Blego karena jika dilihat dari sisi timur Gunung Bancak terlihat bersinar.

Maka dari itu dengan sebutan Gunung Emas ada beberapa golongan tertentu percaya bahwasanya gunung bancak ini gunung yang memiliki pesugihan dimana pada hari-hari tertentu entah dari mana asalnya orang datang ke Puncak Gunung Bancak ( Sepecret) lokasi ritual pesugihan Gunung Bancak. Dalam ritual tersbut para pencari pesugihan membawa sesaji dan hewan yang akan di jadikan Korban.

Cerita perihal Bukit Sepecret ini ada kaitan dengan Gunung Lawu bahwasannya di bukit ini adalah jalur menuju suatu kerajaan di Gunung Lawu, bagi para pencari pesugihan ada perjanjian yang berbeda mitos yang ada bagi para pencari pesuhihan di wilayah Sepecret jika perjanjian usai maka akan menjadi budak atau tembok, meja dll di sepanjang jalan menuju kerajaan Gunung Lawu (Sepecret -Gunung Lawu).

Memang Gunung Indonesia penuh dengan cerita mistis, oleh karena itu kita sebagai orang yang beriman harus tetap teguh agar Iman kita tak tergoyahkan oleh hal-hal yang tidak masuk akal. Gunung Bancak sendiri masuk daerah tiga kec. yaitu Parang, Kawedanan dan Lembeyan.

1 komentar:

  1. Bukanya gunung bancak ada di perbatasan kec.lembeyan dan kec.kawedanan.

    BalasHapus