Vihara Vimalakirti Majelis Nichiren Shosu Buddha Dharma Indonesia Diresmikan Bupati Magetan

Vihara Vimalakirti Majelis Nichiren Shosu Buddha Dharma Indonesia di lingkungan Sale, Kelurahan Plaosan, Kecamatan Plaosan diresmikan oleh Bupati Magetan Suprawoto, pada Kamis (27/10/2022).

Sarana ibadah umat Buddha yang berdiri di Lingkungan Sale ini dulunya adalah rumah orang tua dari keluarga Pandita Suroto yang sekaligus merupakan Ketua Vihara Vimalakirti sekarang. Rumah tersebut menjadi tempat berkumpul, pertemuan, sembahyang, dan kegiatan umat Buddha setempat. Mulai dari tahun 2019 hingga saat ini, proses perbaikan bangunan serta perizinan baru rampung, sehingga tepat hari ini Vihara telah resmi sebagai sarana peribadatan umat Buddha.

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan vihara ini wujud toleransi yang luar biasa antar umat beragama.

" Saya mengucapkan terimakasih kepada warga lingkungan Sale yang memberikan toleransi berdirinya vihara ini. Kita ini hidup di negara Pancasila, alhamdulillah toleransi disini sangat tinggi," terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati Suprawoto berharap vihara ini bisa menjadi miniatur contoh bahwa Indonesia terdapat berbagai agama tetapi hidup rukun. 

" Walaupun disini hanya beberapa KK namun masyarakat disini mengijinkan untuk berdirinya vihara. Tentu ini toleransi yang luar biasa, dan mudah mudahan ini menjadi miniatur contoh bahwa Indonesia terdapat berbagai agama tetapi hidup rukun, " lanjutnya

Peresmian vihara ditandai dengan pemotongan tumpeng, penandatanganan prasasti oleh Bupati Magetan Suprawoto, serta meninjau vihara.

Acara dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Forkopimca Plaosan, perwakilan Kemenag, FKUB, pembina masyarakat Buddha Provinsi Jawa Timur, dan perwakilan umat Majelis Nichiren Shosu Buddha Dharma Indonesia se-eks Karesidenan Madiun.

Sumber:Prokopim

No comments for "Vihara Vimalakirti Majelis Nichiren Shosu Buddha Dharma Indonesia Diresmikan Bupati Magetan"