Pagi Ini Puncak Lawu Diselimuti Awan Mirip Topi


Pagi ini puncak gunung lawu diselimuti awan yang miri Topi, keanehan ini menjadi perbicangan warga net di media sosial hingga kejadian ini menjadi viral. Warga yang melihat banyak yang mengabadikannya atas kejadian yang jarang terjadi ini.

Fenomena awan di gunung yang melingkar atau seperti topi yang mengeililingi puncak lawu pernah terjadi di tahun sebelumnya lebih tepatnya di Bulan Oktober 2019. Bentuk awan yang mirip dengan caping atau topi tersebut atau bahkan ada yang nyebutnya piring raksasa dalam bahasa dinamakan awan lenticular dimana Awan ini terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar seperti pegunungan yang akhirnya menimbulkan sebuah pusaran. Awan Lenticular terlihat begitu padat padahal tidak demikian, terlihat padat karena aliran udara lembab terus megaliri disekitar awan dan akan keluar lewat permukaan paling bawah sehingga awan ini bisa bertahan sampai berhari – hari.

Meskipun awan Lenticular ini adalah fenomena alam yang indah, awan ini sangat dihindari dan ditakuti oleh para pilot pesawat. Karena awan ini dapat menyebabkan turbulensi bagi pesawat yang nekat memasuki awan atau hanya terbang di dekat awan Lenticular.

No comments for "Pagi Ini Puncak Lawu Diselimuti Awan Mirip Topi"