Cemoro Sewu Magetan, Gerbang Menggapai Puncak Lawu


Pernah mendaki gunung lawu? jika pernah pasti sudah tidak asing dengan Cemoro Sewu. Jika kamu ingin melakukan pendakian gunung lawu memang salah satu jalur atau titik point awal pendakian gunung lawu adalah cemoro sewu ini.

Gunung lawu berada di 3 kabupaten meliputi Magetan, Karanganyar dan Ngawi namun untuk jalur resmi sementara ada 3 jalur pendakian gunung lawu yaitu cemoro sewu, cemoro kandang dan Candi cetho. Pada bulan kemarin pertenggah agustus dan awal bulan september gunung lawu kebakaran yang menyebabkan pendakian ditutup bertepatan dengan suroan, sehingga warga lereng gunung lawu pada tahun ini tidak bisa suroan di gunung lawu.

Cemoro sewu sendiri memang secara administraif masuk Kabupaten Magetan hanya beberap meter jaraknya dari Cemoro Kandang. Magetan selain memilki post pendakian cemoro sewu juga memiliki  wisata andalan yaitu Telaga Sarangan yang sudah ngalengko di area Jawa Timur khususnya.

Cemoro sewu menjadi titik awal pendakian bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian , gunung lawu sendiri memilik puncak yang banyak ada tida puncak yang ada di gunung lawu diantaranya Puncak Hargo Dumilah, Puncak Hargo Dalem dan yang terakhir puncak paling tinggi Hargo Dumilah.

Perlu sobat gunung tahu di di puncak gunung lawu ada sebuah warung yang femomenal yaitu Warung Mbok Yem berada di ketinggian kurang lebih 3000 Mdpl dimana keberadaan warung ini sejak tahun 1990 an. Warung Mbok Yem memang sudah tidak asing lagi bagi para pendaki pasalnya warung ini juga sudah menjadi rujukan para pendaki yang ingin berwisata kuliner di puncak lawu dengan menyajikan makanan khas Magetan ''Sego Pecel''.

0 komentar

Posting Komentar