Prasasti Sendang Kamal Maospati Magetan


Sendang Kamal Maospati - Kota Magetan yang dikenal sebagai persigahan Raja -Raja besar masa lampau tidak heran jika di Magetan sendiri terdapat berbagai peninggalan kerajaan seperti yang ada di Maopati ini ''Sendang Kamal'' jika kamu ingin mengetahui lebih dalam perihal prasasti Sendang Kamal bisa datang ke Maospati .

Lokasi Sendang Kamal :

Desa Kraton, Kec. Maospati, Magetan.

Bisa dicek di maping dibawah ini:




Akses dari Terminal Maospati ke Sendang Kamal membutuhkan waktu kurang lebih 41 menit
 

Sedikit gambaran mengenai Sendang Kamal:

Di area sendang ada 4 Prasasti dimana 1 prasasti peninggal Mataram ini di simpan di Museum Nasional dengan nomor D.37 - prasasti ini dikenal dengan Kawambang Kulwan dan untuk 3 prasasti lainnya masih di area sendang kamal.

Dari ukiran pahatan prasasti ini diperkirakan masa peninggalan pemerintahan Pu Sindok dari Mataram kuno (Medang) dari data dan ukiran yang tertulis memuat hurus 913 s dimana ini bisa di kaitkan dengan Kitab Wirataparwa yang di tulis pada tahun 918 S dimana pada masa itu di pimpin oleh Raja Dharmawangsa Teguh.

Peninggalan semacam ini harus kita Jaga dan Rawat agar sejarah tentang Magetan khususnya makin jelas dan ini bisa jadi bukti bahwa Magetan mempunyai kekayaan sejarah Kerajaan -Kerajaan besar masa lampau.

0 komentar

Posting Komentar