Magetan Darurat Corona, Ribuan Buruh Pabrik Pakain Dalam di Maospati Malah Demo



Sekitar 100-an buruh pabrik PT Bintang Inti Karya yang ada di Jalan Raya Maospati-Barat Desa Karangsong, Kecamatan Barat Magetan malam ini berunjuk rasa. Ratusan karyawan yang kebanyakan wanita itu menuntut gaji yang belum dibayarkan pada bulan Maret ini.

"Kami kesal karena gajinya molor sampai hampir sebulan. Ini kami belum terima gaji," ujar Endang salah satu buruh kepada wartawan di lokasi, Rabu (24/3/2020) malam.

Endang mengaku gaji para buruh biasanya dibayarkan setiap tanggal 1 setiap bulan. Namun hingga saat ini memasuki tanggal ke 24 para buruh mengaku belum menerima gaji.

"Biasanya tanggal 1 dibayar namun ini sudah hampir masuk bulan berikutnya belum juga di bayar," ujarnya.

Endang menambahkan, pihak perusahaan yang memproduksi pakaian dalam wanita ini bersedia membayar gaji namun hanya separuh dari gaji Rp 1,9 juta per bulan. "Gaji sudah telat mau dikasih separo," celotehnya dengan kesal.

Hingga pukul 21.30 WIB malam ini para buruh masih menunggu perwakilan yang sedang berdialog dengan manajemen perusahaan. Para buruh yang kesal juga sempat melakukan aksi bakar ban bekas di halaman area pabrik.

Puluhan personel kepolisian dari polres Magetan tampak hadir mengamankan aksi unjuk rasa ini.

0 komentar

Posting Komentar